Kepek Ayam/Krusuk Desa Gumelar Lor

Senin, 11 September 2017 | 4108 Kali
Kepek Ayam/Krusuk Desa Gumelar Lor

Kepek jago/krusuk atau tas ayam mungkin kurang populer bagi sebagian orang, tetapi di kalangan para pecinta ayam merupakan salah satu perlengkapan penting dalam menunjang hobinya tersebut. Ketika ayam kesayangan mereka akan dibawa bepergian atau diperjualbelikan tentunya dibutuhkan sebuah tempat atau wadah yang memberikan kemudahan untuk membawanya.

Pada awal keberadaannya, bentuk dan model kepek masih sederhana. Kepek dibuat menggunakan bahan anyaman dan kerangka dari bambu serta alas dari kayu. Seiring berjalannya waktu, kini telah muncul inovasi baru kepek dari segi bahan, anyaman, motif dan tipe kepek. Selain masih tersedia kepek dari bahan penjalin/rotan, saat ini ada kepek dengan bahan anyaman dari tali plastik yang biasa digunakan mengikat kotak kargo serta kepek dari fiber baik fiber pada maupun fiber berlubang. Penggunaan fiber menjadikan kepek bersifat lebih ringan, rapi, dan tampilannya lebih menarik. Bahkan saat ini mulai digunakan senar layangan sebagai bahan anyaman. Motif anyaman pun juga semakin bervariasi dengan perpaduan warna yang serasi.

Di desa Gumelar Lor terdapat setidaknya 10 pengerajin kepek yang masih beroperasi. Salahsatunya adalah Pak Jamaludin, beliau memulai usaha sebagai pengerajin kepek sejak tahun 2009. pada awalnya, bentuk dan model anyaman kepek masih sederhana, hanya menggunakan anyaman dan kerangka dari Bambu atau rotan serta alas yang terbuat dari kayu tanpa ada variasi produksi yang lain. Kini seiring waktu, produksi anyaman kepek juga mulai menggunakan berbagai macam bahan lain untuk membuat kerajinan tersebut untuk menambah variasi dan fungsinya. Mulai dari di gunakannya tali plastik, fiber badat dan juga fiber berlubang, kesemuannya bertujuan meningkatkan daya tahan, meringankan bobot dan variasi warna.

Harga yang di tetapkan untuk produk kerajinan ini adalah beragam, tergantung kerumitan motif dan bahan yang di gunakan. Meski untuk motif, para pengrajin cenderung tidak memiliki pola yang baku, semua tergantung dari kreatifitas pengrajin itu sendiri. Untuk bahan plastik berkisar Rp27.000/buah. Sedang untuk bahan penjalin Rp30.000/buah. Dan untuk produk unggulan adalah berbahan dasar fiber Rp50.000-Rp60.000/buah tergantung jenisnya.

 

UNTUK PEMESANAN

Nama   : Bp. Jamaludin Toha

Alamat : Gumelar Lor Rt 04/02

Telp     : 081328490859

Related Posts

Komentar